Minggu, 11 Maret 2012

STRESS - PENYEBAB, AKIBAT, CARA MENGATASINYA -


Penyebab Stres yang Tertinggi

Dalam hidup pasti akan ada masalah yang akan dihadapi, yang tak jarang akan membuat seseorang tidak mampu mengatasinya. Kalau sudah begini, ia pasti akan menjadi stres. "Menurut penelitian, seseorang bisa menerima stres sampai pada ambang batas skor 200," tukas Rustika Thamrin, SpSi, CHt, CI, MTLT, psikolog dari Brawijaya Women and Children Hospital kepada Kompas Female, di Thamrine Nine, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Menurut standar Holmes-Rahe Stress Scale, ada beberapa masalah yang membuat seseorang menjadi terpuruk karena tingginya skor ambang batas stresnya. "Penyebab stres yang paling tinggi skornya adalah kematian pasangan," tambah Rustika.

Anda ingin tahu apa saja penyebab stres dan tingkat stresnya?

1. Kematian pasangan hidup

Kehilangan seseorang yang sangat disayangi dan dicintai seumur hidup memiliki skor 100. Jika tidak diatasi hal ini bisa menyebabkan seseorang menjadi stres, dan mungkin saja melampiaskannya dalam tindakan bunuh diri karena rasa kehilangan yang amat mendalam.

2. Perceraian

Perceraian menorehkan skor penyebab stres dalam angka 73. Berpisah dengan pasangan hidup dengan menyimpan masalah bisa membuat seseorang menjadi sedih, putus asa, bahkan menyimpan rasa dendam. Sekalipun perceraian dilakukan secara baik-baik, namun perceraian tetap akan menimbulkan trauma tersendiri bagi seseorang.

3. Jarak

Bagi pasangan yang menikah, harus hidup terpisah dengan keluarga juga menimbulkan tekanan tersendiri dalam hidup. Hal ini bisa menimbulkan skor stres sebanyak 65.

4. Masa tahanan

Menjalani hukuman dan harus dikurung dalam penjara membuat banyak orang menjadi stres, dimana tingkat tekanannya sebesar 63.

5. Kematian keluarga dekat

Kehilangan keluarga dekat akibat kematian membuat banyak orang terpukul dan merasa tidak bisa menerima perpisahan tersebut. Rasa sayang terhadap keluarga yang berpulang akan meninggalkan kenangan yang dalam sehingga perasaan akan mudah terluka. Hal ini berada di posisi lima dengan skala stres sebesar 63.

6. Sakit berat

Mengidap penyakit berat dan parah bisa membuat orang menjadi bertambah stres. Selain banyaknya pengobatan yang harus dijalankan (sehingga membutuhkan kesabaran dan kekuatan dalam menjalaninya), tidak adanya harapan yang kuat dari si penderita akan semakin membuat dirinya sendiri terpuruk dalam kesedihan. Tingkat stres pada tahap ini ada pada skala 53.

7. Pernikahan

Meski sebenarnya pernikahan adalah hal membahagiakan, namun tantangan untuk memulai kehidupan baru berdua juga akan menimbulkan tekanan tersendiri pada pasangan. Rasa kaget dan syok menghadapi kehidupan yang baru seringkali membuat serangan stres pada pengantin baru. Mereka tak siap menghadapi masa penyesuaian terhadap satu sama lain dalam waktu singkat. Pernikahan bisa membuat orabng menjadi stres dengan tingkat 50.

Selain ketujuh masalah tertinggi penyebab stres di atas, ada beberapa perubahan kehidupan lain yang juga menjadi penyebab stres, antara lain pensiun, kehamilan, masalah seksual, perubahan bisnis, sampai masalah keuangan keluarga.

Berikut ini Akibat dari Serangan Stres

Sudah banyak diketahui bahwa stres bisa menimbulkan berbagai masalah bagi kesehatan seseorang. "Perlu ada manajemen stres yang baik agar stres tidak berkembang menjadi masalah kesehatan yang serius dan buruk bagi tubuh," tukas Rustika Thamrin, SPsi, CHt, CI, MTLT, psikolog dari Brawijaya Women and Children Hospital, dalam acara "How to be a Happy and Productive Career Women" di Thamrin Nine, Jakarta, beberapa waktu lalu. Akibat stres tidak hanya tampak kondisi wajah yang murung atau lekas tersinggung dan marah. Ada beberapa akibat lain yang tanpa Anda sadari bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari:

1. Emosi negatif.

Hal yang paling mudah terlihat ketika Anda mengalami stres adalah adanya emosi negatif yang tidak stabil sehingga menyebabkan seseorang menjadi mudah marah karena emosi yang tidak terkontrol.

2. Perilaku buruk.

"Stres bisa memicu perbuatan buruk seseorang, misalnya mengonsumsi narkoba, atau bunuh diri. Hal ini sebagai bentuk penyimpangan karena dia tidak mendapatkan kesenangan dalam hidupnya sehingga dia mencari pelampiasan dengan melakukan perbuatan buruk," tambahnya.

3. Konsentrasi terganggu.

Stres sangat memengaruhi pikiran Anda, termasuk dalam berfokus pada sesuatu hal. Jangankan mengerjakan beberapa hal sekaligus, melakukan satu hal saja kadang-kadang membutuhkan waktu lama. Kalau sudah begini, Anda akan sulit menyelesaikan pekerjaan dengan tuntas.

4. Gangguan makan.

Pada beberapa orang, stres bisa membuat seseorang kehilangan selera makan, atau sebaliknya, membuat keinginan makan menjadi bertambah berkali-kali lipat. Jelas gangguan makan ini akan berakibat buruk bagi pengidapnya. Tak ada yang ingin menjadi obesitas gara-gara stres, kan?

5. Hiperaktif.

Hiperaktif di dalam otak menyebabkan orang tidak dapat berpikir secara normal. Mereka bisa membuat keputusan tanpa dipikirkan lebih dulu, salah menilai orang lain, memori pun terganggu. Pada akhirnya, kondisi ini akan menyebabkan timbulnya masalah bagi dirinya sendiri.

6. Mudah sakit.

Stres sangat memengaruhi kekebalan tubuh seseorang sehingga akan menyebabkannya mudah terserang penyakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang tubuh ketika stres adalah migrain dan juga maag. "Sekitar 80 persen orang mengalami masalah kesehatan karena disebabkan oleh gangguan fungsional dalam tubuh akibat stres sehingga hormonnya terganggu. Sedangkan 20 persennya adalah benar-benar karena alasan kesehatan yang menurun atau luka," jelas Rustika.

7. Insomnia.

Stres bisa mengganggu otak dan memberi beban berat sehingga memengaruhi waktu tidur dan juga kualitas tidur. Jangan lupa, insomnia bukan masalah berapa jam Anda tidur, melainkan lelap-tidaknya Anda tidur. Meskipun Anda menghabiskan tujuh jam di atas tempat tidur, misalnya, tetapi jika Anda tak dapat mengistirahatkan pikiran, itulah saat Anda mengalami insomnia.

Berikut ini beberapa Tips untuk mengatasi stress


Reputasi stres sebagai penyebab hilangnya kebahagiaan, sampai penyebab penyakit, rasanya sudah sangat dikenal. Sayangnya tak banyak orang yang sadar bagaimana mengelola stres yang sulit dielakkan dari kehidupan.

Setiap orang memerlukan kegiatan rekreasi sebagai pelampiasan untuk mengendurkan ketegangan. Para ahli psikologi bahkan menegaskan bahwa rekreasi sangat penting untuk kesehatan jiwa karena tekanan hidup yang berat memerlukan penyaluran agar tidak menyebabkan frustasi.

Ingin mengurangi tekanan hidup dengan murah dan tanpa mengurangi waktu? 6 tips pelepas stres berikut mungkin bisa Anda masukkan dalam agenda harian.

1. Membaca buku


Ini merupakan kegiatan yang bukan saja membuat kita sejenak berhenti memikirkan segunung masalah, tapi juga membuat kita seolah masuk ke dunia baru yang sedang dibaca. Membaca di malam hari adalah kegiatan yang dianjurkan. Kamar tidur adalah tempat yang hangat, nyaman, dan damai. Kombinasikan dengan buku bagus, maka Anda akan merasa kembali fokus pada diri sendiri.

2. Duduk di taman


Bila Anda jeli, sebenarnya cukup banyak "oase" kecil di sekitar kita. Selain di area kompleks perumahan, taman kecil yang hijau kini sudah lumayan banyak bertebaran di sekitar perkantoran. Luangkan waktu sekitar 5 menit untuk duduk menikmati udara segar dan hijaunya taman.

3. Melihat foto


Melihat-lihat kembali album foto dari peristiwa menyenangkan adalah salah satu pelepas stres yang murah dan efektif. Bayangkan kembali diri Anda pada peristiwa bahagia tersebut dan rasakan sensasinya.

4. Berjalan kaki atau olahraga


Aktivitas fisik adalah cara yang sehat untuk melepas stres karena bisa memicu hormon-hormon antistres. Luangkan waktu beberapa menit setiap pagi atau setelah makan siang.

5. Meditasi


Setiap aktivitas yang bisa membuat perhatian kita tetap tenang dan fokus sudah bisa disebut sebagai meditasi. Itu berarti bisa kegiatan menyulam, menulis, menjahit, atau duduk diam. Lakukan 5-10 menit setiap hari dan rasakan kadar stres yang menurun.

6. Ambil jeda


Bila emosi sudah tidak bisa dibendung, alihkan perhatian Anda untuk sejenak fokus pada sesuatu yang baru. Misalnya melihat ke jendela, menyeruput teh hangat, atau memperhatikan pohon yang tertiup angin. Biarkan imajinasi Anda bebas untuk sesaat.

7. Minum Teh Putih

Teh putih sudah TERBUKTI  Menenangkan, mengurangi stress dan menambah energi secara alami. Teh putih mengandung L-theanine dengan konsentrasi paling tinggi, sebuah asam amino yang menurut riset terkini dapat menstimulasi gelombang otak alfa untuk meningkatkan kewapadaan namun menghasilkan efek menenangkan





PESAN INI DI PERSEMBAHKAN OLEH PT.VICTORY COSMETINDO

PRODUSEN TERBAIK PRODUK HERBAL YANG BERQUALITAS



OLIVETREE WHITE TEA

100% TEH PUTIH PREMIUM UNTUK MENGATASI BERBAGAI PENYAKIT

Olivetree White tea (teh putih) merupakan jenis teh  yang memiliki kadar antioksidan tinggi, karena hanya melalui sedikit proses pengolahan dibandingkan dengan teh lainnya. Terbukti memiliki berbagai khasiat yaitu diantaranya membantu mencegah stroke, kanker dan penyebarannya, jantung koroner, darah tinggi , kolesterol, dan anti toksin serta penyakit lainnya. Kalau anda punya alat ukur diabetes dan kolesterol maka anda bisa langsung membuktikan khasiat olivetree white tea ini..

HARGA RP.45.000/ PAX ( diluar ongkos kirim )




JETTSTREE HAIR MASK

100% HERBAL MURNI UNTUK MENGATASI RAMBUT UBAN

JETTSTREE Hair Mask masker rambut khusus mengatasi RAMBUT UBAN 100% alami dari bahan bahan herbal. TERBUKTI sangat Efektif dan aman serta berqualitas . Mulai bekerja mengatasi rambut uban sejak pertama kali digunakan. Dan mampu mencegah penyebaran uban, menahan laju pertumbuhan uban, serta menghitamkan kembali rambut uban secara intensive dalam seminggu . Saatnya membuktikan keajaiban Masker Rambut yang satu ini.

HARGA RP.50.000 / PAX




OLIVETREE DIET TEA

100% HERBAL PELANGSING UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN 5-12 KG SEBULAN

Suplemen Pelangsing Olivetree Diet Tea, terlaris dan termurah, 100% alami tanpa efek samping. Terbukti sangat efektif dan aman serta berqualitas. Mulai bekerja melangsingkan tubuh sejak pertama kali dikonsumsi.Dan mampu menurunkan berat badan  5-12 KG Tanpa diet ketat, tanpa olah raga berat, tanpa rasa lapar dan tanpa pantangan apapun dalam waktu satu bulan. Saatnya membuktikan keajaiban pelangsing  ini.

HARGA RP.30.000 / PAX 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar